Tips Buat Pepes ikan Agar Tidak Amis

Tips Buat Pepes ikan Agar Tidak Amis

Buat masakan yang bergizi nggak harus mahal. Bunda bisa menyiapkan masakan sederhana tapi dengan kandungan nutrisi yang sangat tinggi.

Misalnya, pepes ikan yang dikenal punya kandungan protein yang sangat tinggi dengan rasa yang tidak mengecewakan sedikitpun. Siapa sih yang tak suka dengan masakan ini?

Hampir semua orang suka dengan makanan tradisional ini. Bagi yang ingin membuatnya di rumah, ada beberapa tips supaya pepes tidak amis. Berikut tipsnya :

1. Pastikan ikan yang digunakan masih segar

Tips pertama, pastikan ikan yang digunakan masih segar. Bagaimana cara mengecek kondisi ikannya? Bunda bisa melihat warna, aroma dan tekstur ikan yang ingin digunakan.

Ikan segar biasanya punya mata yang lebih jernih, bagian insang juga berwarna merah segar, dengan tekstur yang agak kenyal saat ditekan.

Selain itu, aroma ikan juga tidak mengganggu atau menyengat. Pastikan Bunda memperhatikan kualitas ikan di atas supaya pepes yang dibuat menjadi lebih enak.

2. Ikan harus dibersihkan dengan baik

Setelah ikan segar dipilih dan dibawa ke rumah, ada baiknya membersihkan ikan dengan baik supaya ikan menjadi lebih segar saat dimasak.

Supaya pepes ikan yang Bunda buat nggak amis, bersihkan bagian insang dan juga perut dengan benar. Caranya, sisik harus dibersihkan terlebih dahulu.

Barulah tarik bagian insang memakai pisau. Umumnya saat insang ikan ditarik, isi perut akan ikut keluar dengan sendirinya. Sehingga lebih mudah untuk membersihkan ikan.

Bunda bisa langsung mengerat sisi ikan untuk mengeluarkan isi perut. Bersihkan ikan menggunakan air mengalir agar ikan benar-benar bersih saat dimasak.

3. Samarkan aroma amis memakai jeruk nipis

Setelah ikan untuk pepes dibersihkan dengan baik, Bunda bisa menyamarkan aroma amis menggunakan jeruk nipis. Caranya sangat gampang.

Bunda bisa memotong jeruk nipis jadi dua bagian. Peras jeruk nipis supaya airnya bisa keluar. Selanjutnya oleskan air perasan jeruk nipis ke bagian kulit ikan dan bagian daging ikan.

Selanjutnya bersihkan ikan di bawah air yang mengalir. Tujuannya agar rasa asam jeruk nipis tidak terlalu berat saat ikan diolah.

4. Berikan pepes bumbu rempah

Setelah ikan dibersihkan dengan baik, bunda bisa mengurangi aroma amis pada ikan memakai rempah untuk dijadikan sebagai bumbu halus.

Bunda bisa menambahkan serai yang sudah digeprek atau diparut. Jangan lupa untuk menambahkan daun salam dan  daun kemangi ke pepes.

Pastikan serai diparut agar digeprek sebelum dimasukkan ke pepes. Tujuannya agar aroma pepes menjadi lebih keluar setelah matang.

Banyak makanan tradisional yang enak tanpa harus mahal. Termasuk pepes ikan yang sedang kita bahas kali ini. Masakan ini memang trend di Indonesia.

Dengan rasa gurih dan kenyal dari daging, pepes bisa menjadi lauk terbaik di rumah. Ingin coba di rumah? Silahkan ikuti tips di atas.