Mari Kenalan Dulu Sama Permainan Tradisional Yang Sudah Punah!

Mari Kenalan Dulu Sama Permainan Tradisional Yang Sudah Punah!

Sekarang ini sudah jarang ditemui permainan anak tradisional yang dimainkan oleh anak-anak kecil. Permainan anak tradisional dulunya memiliki konsep yang sangat sederhana, tanpa mesin yang rumit, baterai, ataupun koneksi seperti permainan modern sekarang ini.

Biasanya permainan tradisional disebut juga dengan permainan jadul dan biasanya dimainkan dengan cara berkelompok atau enggak minimal berpasang-pasangan.

Adapun alat yang digunakan juga sangat sederhana serta murah meriah, biasanya terbuat dari bahan-bahan yang ada di sekitar.

Namun saat ini permainan tradisinonal sudah jarang dimainkan, mungkin karena perkembangan teknologi yang semakin bagus, membuat permainan tersebut jarang dimainkan oleh anak-anak.

Sehingga permainan tradisional tersebut sekarang ini sudah punah karena anak-anak sering bermain dengan smartphone mereka sendiri-sendiri.

Permainan Tradisional Pada Zaman Dahulu!

Ada banyak sekali jenis jenis permainan tradisional pada zaman dahulu yang sering dimainkan oleh anak-anak generasi 90-an. Apalagi yang memiliki genre permainan berkelompok, memang pada saat itu sangat digemari oleh anak-anak.

Sehingga tidak jarang kalau mereka keasyikan bermain pasti lupa waktu dan dicari emaknya lalu dimarahin di situ juga.

Nostalgia seperti itu sangatlah indah dan sangat berbeda dengan anak-anak zaman sekarang ini, mereka lebih individual karena hanya bermain menggunakan smartphone sehingga kurangnya interaksi membuat mental anakpun juga berubah.

Tidak seperti dahulu kala, anak-anak sering bermain satu sama lain sehingga meiningkatkan mental dan rasa kepedulian yang tinggi terhadap teman.

Lantas jenis jenis permainan tradisional apakah yang dulu sering dimainkan oleh anak-anak emas generasi 90-an? Yuk simak daftarnya sebagai berikut:

Adapun permainan anak yang tidak menggunakan alat contohnya berikut ini:

  1. Bentengan
  2. Jamuran
  3. Kerupukan
  4. Ular naga
  5. Kucing jongkok
  6. Sluku- sluku bathok
  7. Petak umpet
  8. Gobak sodor
  9. Engklek
  10. Cublek- cublek suweng
  11. Domikado

Selain itu permainan tradisional yang menggunakan alat contohnya sebagai berikut:

  1. Gasing
  2. Rangka alu
  3. Boi-boian
  4. Bola bekel
  5. Kelereng atau gundu
  6. Lompat tali karet
  7. Congklak
  8. Egrang
  9. Patok lele
  10. Ketapel
  11. Balap karung
  12. Sepak sawut
  13. Lenggang rotan
  14. Mercon Bumbung (petasan bambu)

Nah, itulah beberapa permainan tradisional yang sekarang hampir hilang ditelan oleh zaman. Padahal permainan- permainan tersebut sangat bagus untuk melatih kemampuan anak, khususnya bagi perkembangan motoriknya. Selain itu, permainan tradisional juga umumnya membuat tubuh menjadi kuat dan sehat karena mengharuskan tubuh untuk selalu bergerak.

Marilah lestarikan permainan tradisional yang sangat berharga dan beragam ini agar tidak punah di telan zaman. Jangan sampai permainan tradisional ini hilang karena kalah bersaing dengan game yang ada di gadget.