Hindari Gangguan Pencernaan pada Anak Agar Si Kecil Sehat dan Ceria

Hindari Gangguan Pencernaan pada Anak Agar Si Kecil Sehat dan Ceria

80 persen dari sistem imun anak ada dalam saluran pencernaannya. Itulah kenapa kesehatan pencernaan si kecil yang sehat sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan. Perlu diketahui, ada hubungan interaksi 2 arah antara sistem pencernaan & otak, yang disebut gut-brain axis. Artinya, yang harus dijaga bukan hanya kesehatan fisik saja tapi juga pencernaannya karena bisa mendukung proses kerja otak anak. Untuk itu, orang tua harus memahami gangguan pencernaan pada anak.

Ciri-ciri Pencernaan Sehat pada Si Kecil

Pencernaan yang sehat pada anak akan memberikan kenyamanan. Lalu, apa saja ciri-ciri pencernaan yang sehat?

1. Lebih banyak bakteri baiknya

Masalah pencernaan si kecil akan berpengaruh pada aktivitasnya. Bakteri baik pada saluran cerna akan membantu memecah makanan menjadi beragam nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Semakin banyak bakteri baiknya, semakin sedikit ruang gerak bagi bakteri jagat.

2. Tumbuh kembang anak sesuai rekomendasi

Saluran cerna berfungsi sebagai penyedia zat gizi & energi yang dibutuhkan tubuh anak, membangun kekebalan tubuh, dan membantu kerja otak supaya proses pertumbuhan & perkembangannya optimal.

3. Jarang mengalami gangguan pencernaan

Masalah pencernaan akan membuat mood anak jadi tak happy. Itulah kenapa orang tua harus tahu ciri-ciri masalah pencernaan yang terjadi pada anak. Karena belum terbentuk sempurna, sistem saluran cerna anak mudah terkena gangguan. Saluran pencernaan yang baik akan mencegah berbagai kemungkinan gangguan pencernaan pada anak seperti diare, konstipasi, kolik, gumoh, dll.

4. Nafsu makan baik & nutrisi terserap dengan baik

Peran saluran pencernaan sangat vital untuk kesehatan anak. Selain itu, saluran cerna juga termasuk faktor penting dalam proses penyerapan nutrisi. Jika terjadi gangguan pencernaan, anak dapat kehilangan nafsu makan. Nafsu makan yang baik menandakan pencernaannya baik dan nutrisi dari makanan yang dimakan bisa terserap dengan baik juga.

5. Daya tahan tubuh kuat

Anak yang mengalami masalah pencernaan akan sering sakit. Jika saluran pencernaan sehat, daya tahan kekebalan tubuhnya juga meningkat. Seiring bertambahnya usia, sel usus semakin rapat & mukosa saluran pencernaan semakin matang sehingga saluran pencernaan semakin sulit ditembus oleh bakteri dan makanan yang terlalu besar. Jika daya tahan tubuh kuat, anak tidak akan mudah sakit.

6. Penyerapan makanan efektif

Jika si kecil lancar BAB, hal ini juga menjadi pertanda bahwa saluran pencernaannya bagus.

7. Tingkah laku si kecil baik & happy

Satu lagi, anak yang saluran pencernaannya bagus akan tampak aktif & bahagia karena saluran pencernaan merupakan tempat produksi hormon serotonin, yakni hormon yang dapat memicu rasa bahagia dalam tubuh si kecil.

Kalian sebagai orang tua juga dapat memberikan LACTOGROW, susu yang mengandung prebiotik & probiotik yang bermanfaat untuk mencegah gangguan pencernaan pada anak dan bagus untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.