Black Coffee dan Tips Membuat Ala Cafe

Black Coffee dan Tips Membuat Ala Cafe

Ketika kita membuat black coffee maka jenis kopi yang sering kita gunakan adalah kopi hitam. Ada bebeapa faktor yang perlu diperhatikan saat membuat kopi satu ini yaitu jenis kopi apakah menggunakan arabika atau robusta? Selain itu, kualitaas biji kopi, ukuran giling yang digunakan juga perlu diperhatikan agar mendapatkan cita rasa kopi hitam yang memikat. Selain bahan baku, kita juga perlu menyiapkan alat untuk membuat kopi satu iniseperti mesin kopi otomatis atau manual, gilingan kopi, french press, dripper, dan hingga termometer untuk mengukur suhu air pada kopi.

Tips mudah membuat kopi ala cafe untuk black coffee

Ketika kita datang ke Cafe biasanya mereka memiliki beragam variasi dan cara membuat kopi yang enak. Akan tetapi cara menyeduh ala cafe bisa dibilang cukup sulit karena membutuhkan latihan sehingga anda membutuhkan beberapa tips agar mampu membuat seperti kafe-kafe di Indonesia. Langkah awal untuk membuat kopi hitam adalah dengan memilih dua jenis kopi yaitu robusta atau arabika. Dua jenis kopi ini sendiri merupakan jenis kopi yang paling umum digunakan di Indonesia karena keduanya memiliki karakteristik dan kadar kandungan zar yang berbeda yang mana Arabika memiliki rasa yang tidak terlalu pahit karena kandungan kafein lebih rendah namun rasanya cenderung lebih asam sedangkan robusta adalah sebaliknya. Jika anda masih awam dan menggunakan mesin brewing maka untuk membuat black coffee disarankan menggunakan biji kopi arabika.

Selain itu, anda juga perlu memperhatikan kualitas biji kopi karena rasa dan aroma akan lebih nikmat jika membeli biji kopi dan digiling sesaat sebelum menyeduh kopi. Biji yang dimaksud disini adalah biji kopi yang sudah dipanggang dan bukan biji mentah. Semakin tinggi kualitas biji kopi maka cita rasa kopi jua akan semakin bertambah. Kualitas biji kopi itu memiliki beberapa tingkatan yang dibagi berdasarkan jumlah defect atau cacat. Kecatatan pada biji kopi sendiri juga disebabkan karena banyak faktor seperti kondisi penanaman, pemetikan, hama, dan lain-lain. Menurut standard, grade kopi dibagi menjadi grade 1 hingga 5. Grade 1 adalah biji kopi dengan kualitas tingggi dan grade 5 adalah kopi dengan kualitas terendah.

Adapun langkah terakhir yang wajib diperhatikan adaladh dengan melihat ukuran giling. Anda perlu berhati-hati karena semakin halus gilingan maka akan semakin cepat proses ekstraksi namun rasa yang dihasilkan akan semakin pahit. Hal itu disebabkan kaarena flow air akan terhambat dan semakin lama waktu kontak dan terjadi over extraction. Itulah beberapa langkah yang bisa kalian lakukan untuk membuat black coffee. Anda juga bisa membuat kopi hitam ini dengan lebih mudah jika menggunakan Dolce Gusto dengan lebih baik.