Berapa Sih Berat Badan Normal Anak Usia 2 Tahun? Yuk Simak Penjelasannya Sebagai Berikut!

Berapa Sih Berat Badan Normal Anak Usia 2 Tahun Yuk Simak Penjelasannya Sebagai Berikut!

Mungkin banyak orang tua yang bertanya, apakah si kecil mungkin kelihatan kurus? Ataukan dia termasuk kategori yang kekurangan gizi? Jawabannya sangat simple, belum tentu juga, karena memang ada pengukuran khusus terkait hal tersebut.

Sebenarnya status gizi anak ditandai oleh berat badan dan juga tingginya yang ideal sesuai standar yang telah disepakati. Standar yang dimaksudkan adalah antropometri yang mengacu pada pengukuran WHO Child Growt Standards.

Lantas yang menjadi pertanyaan sekarang ini, berapa sih berat badan normal anak usia 2 tahun? Jika masih penasaran, mari simak ulasannya sebagai berikut.

Berapa Berat Badan Anak Usia 2 Tahun yang Ideal?

Pemantauan tumbuh kembang anak sangat berpengaruh pada kehidupannya kelak. Artinya di usia anak sejak dalam kandungan hiingga berusia 2 tahun merupakan momen golden age untuk tumbuh kembangnya.

Menjaga berat badan si kecil agar tetap normal dan sesuai standar WHO juga sangat penting. Untuk melakukan skrining pertumbuhannya juga bisa dilihat atau diukur dari berat badan, tinggi, dan juga lingkar kepala.

Seperti yang kita ketahui bahwa dalam menentukan berat badan ideal anak dari yang satu dengan yang lain memang berbeda. Jadi, pastikan untuk tidak membandingkan anak satu dengan anak yang lainnya, kalau tidak didampingi oleh para ahli maupun dokter.

Untuk mengukur panjang badan, biasanya dilakukan dalam posisi terlentang untuk anak yang berusia 0 sampai 2 tahun, dan setelah usia 2 tahun ke atas maka tinggi badan dapat diukur ketika berdiri.

Para orang tua tidak perlu lagi ke rumah sakit untuk mengukur berat badan anak Anda sendiri. Bahkan bisa mengukurnya sendiri di rumah lho.

Cara Mengukur Tinggi dan Berat Badan Anak Menurut WHO!

Mungkin saja para orang tua atau ibu yang sibuk dengan pekerjaannya, maka kalian bisa mengukur berat badan anak yang ideal di rumah. Jadi, tidak perlu repot-repot lagi ke dokter atau rumah sakit terdekat. Berikut ini cara-caranya:

  1. Tentukan Umur

Harus menentukan umur terlebih dahulu, kemudian panjang dan berat badan anak. Pastikan juga untuk mengikuti arahan dari WHO ya.

  1. Menentukan Angka

Tentukan dulu angka yang berada pada garis horizontal atau mendatar pada kurva. Kalian bisa mengikuti cara-cara pengukurannya pada garis tersebut, ikutilah panduan dari WHO juga ya.

  1. Menetukan Garis Vertikal

Tentukan angkan yang berada pada garis vertical atau lurus pada kurva, garis ini menggambarkan kurva pertumbuhan WHO dari panjang atau berat badan, umur, dan IMT.

  1. Menghubungkan Kurva

Setelah selesai dengan langkah-langkah di atas, kini bisa menghubungkan kurva-kurva tadi hingga mendapatkan titik temu. Nah, titik temu ini merupakan gambaran perkemangan anak berdasarkan pertumbuhan dari WHO.

Itulah sedikit penjelasan terkait dengan berat badan normal anak usia 2 tahun dan cara mengukurnya di rumah masing-masing. Namun jika masih bingung, para orang tua bisa bertanya kepada bidan atau dokter terdekat.