5 Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh Yang Wajib Diketahui, Apa Sajakah

5 Keutamaan Puasa Ayyamul Bidh Yang Wajib Diketahui, Apa Sajakah

Dalam Islam, Anda tentunya akan menemukan banyak jenis puasa sunnah yang dapat dikerjakan demi memperoleh amalan Ibadah terbaik. Sebut saja keberadaan puasa Ayyamul Bidh dimana mempunyai beberapa keutamaan didalamnya dimana sudah tak perlu lagi diragukan keberadaannya.

Ini merupakan jenis puasa dimana akan dikerjakan pada setiap tanggal 13, 14 atau 15 setiap bulan dari bulan-bulan Hijriah. Tata cara untuk melakukannya sendiri sebenarnya tidaklah jauh berbeda dengan puasa-puasa lainnya yakni diawali dengan niat, sahur, menahan diri dari lapar dan haus hingga membatalkan puasa ketika sudah adzan magrib.

Keutamaan Puasa Sunnah Ini

Puasa Ramadan memang selama ini paling dikenal oleh para muslim karena hukumnya memang wajib buat dilaksanakah. Tetapi bagaimanakah dengan puasa-puasa sunnah lainnya? Jelas ada banyak pilihannya bukan termasuk menjalankan Ayyamul Bidh ini.

Dimana ketika menjalankannya ternyata seperti Anda berpuasa penuh selama satu tahun. Selain itu, puasa inipun mempunyai banyak keutamaan didalamnya bahkan memberikan amalan pahala tinggi kepada orang-orang yang menjalankannya. Ada apa saja? Langsung saja cek ulasannya berikut ini.

  1. Dilakukan Pada Pertengahan Hijriah

Ayyamul Bidh sendiri merupakan puasa dimana dilakukan pada pertengahan bulan Hijriah kecuali pada hari tasyrik. Seperti telah disebutkan sebelumnya, untuk jenis puasanya sendiri biasanya dapat dilakukan 3 hari secara berturut-turut yakni setiap tanggal 13, 14, dan 15 di bulan Hijriah.

  1. Layaknya Berpuasa Sepanjang Tahun

Sebagian besar hadist mengatakan bahwa dengan menjalankan puasa satu ini maka amalan yang akan didapatkan sama seperti ketika sedang menjalankan puasa sepanjang tahun. Hal tersebut berdasarkan dengan penjelasan dari Syaikh Muhammad bin Sholih Al Utsaimin.

Hal tersebut dikarenakan satu kebaikan akan dilipatgandakan menjadi 10 kebaikan sekaligus. Jadi ketika menjalankan puasa selama 3 hari setiap bulannya maka kebaikannya akan setara dengan 30 hari.

  1. Menghidupkan dan Menjaga Sunnah Nabi Muhammad

Dengan menjalankan puasanya ini maka dapat menghidupkan ataupun menjaga Sunnah dari Nabi Muhammad SAW. Hal inipun sesuai dengan dalil anjuran pertama kali yang berasal dari Abu Hurairah RA.

  1. Dapat Memberikan Manfaat Untuk Kesehatan

Keutamaan lainnya dengan menjalankan sunnah ini adalah dapat memberikan manfaat untuk kesehatan loh. Seperti dapat membantu untuk menurunkan berat badan, mampu meningkatkan sensitivitas insulin, hingga membantu memberikan detok secara alami. Selain itu, membuat tubuh dapat beristirahat sejenak.

  1. Disebut Juga Dengan Puasa Putih

Ayyamul Bidh inipun juga disebut puasa putih karena biasanya diharuskan mengkonsumsi makanan ataupun minuman dnegan warna putih dan tanda dari alam. Selain itu, juga bertepatan dengan bulan purnama sehingga langit akan terlihat terang dan bersinar.

Keutamaan dari puasa ayyamul Bidh memang sudah tak perlu diragukan lagi. Apakah Anda ingin memperoleh informasi parenting Islami lebih jauh lagi? Maka bisa segera membuka orami.co.id sekarang juga.