5 Fakta Menarik dari Produk Sereal Fortifikasi untuk Bayi

5 Fakta Menarik dari Produk Sereal Fortifikasi untuk Bayi

Menu makanan untuk bayi sebenarnya sangat beragam. Selain bisa diolah sendiri, menu makan bayi juga bisa berasal dari sereal atau bubur fortifikasi. Ini merupakan jenis sereal bayi yang produknya dijual bebas di pasaran dan tersedia dalam berbagai rasa. Perlu diketahui bahwa produk ini aman dikonsumsi bayi dan sudah melalui proses fortifikasi.

Fakta Sereal Fortifikasi

Banyak orang tua yang ternyata masih belum mengenal baik produk sereal fortifikasi ini. Tak heran jika sereal ini memiliki nilai negatif di mata mereka. Sebelum menyajikan sebuah menu makanan kepada anak, penting sekali untuk memahami detail dari menu tersebut. Berikut ini adalah 5 fakta menarik tentang produk sereal fortifikasi yang juga penting untuk diketahui:

1. Tidak Ada Pengawet

Banyak orang berpikir bahwa produk sereal fortifikasi yang dijual di pasaran itu menggunakan bahan pengawet. Padahal bubur bayi ini bisa awet dan dikemas bukan karena ada pengawetnya. Bubur ini diolah dengan proses pengeringan canggih bersuhu rendah yang disebut dengan freeze dry. Proses ini menghilangkan kadar air sampai 0% sehingga bubur bayi bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama.

2. Tidak Mengandung MSG

Sereal fortifikasi yang beredar di pasaran diketahui memiliki rasa. Padahal jika memang menggunakan bahan-bahan asli harusnya rasa yang dihasilkan adalah tawar. Banyak orang berpikir bahwa rasa dari sereal fortifikasi ini diperoleh dari penggunaan MSG. Padahal bukan MSG melainkan gula dan garam yang diberikan sesuai standar kesehatan untuk bayi.

3. Tidak Butuh Bumbu Tambahan

Penyajian sereal bayi fortifikasi bisa dilakukan sesuai petunjuk yang ada pada kemasan. Tidak perlu menambahkan bumbu-bumbu apapun ke dalam bubur. Sereal fortifikasi untuk bayi ini sudah didesain sedemikian rupa dengan bahan-bahan yang terukur dan aman untuk bayi. Selain itu rasa bubur juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan bayi jadi tidak perlu diberi tambahan apapun.

4. Kandungan Gizi Terukur

Bubur ini telah mengalami proses fortifikasi yang berarti proses penambahan atau peningkatan zat gizi tertentu ke dalamnya. Dengan begitu kandungan gizi dalam sereal fortifikasi ini sudah benar-benar terukur. Bisa dikatakan bahwa pemenuhan gizi bayi dengan sereal fortifikasi ini sangat direkomendasikan.

5. Harus Seimbang dengan Bubur Homemade

Meskipun kandungan gizinya sudah lengkap, namun penting sekali untuk tetap menyeimbangkan pemberian bubur fortifikasi dengan bubur homemade. Orang tua tetap harus melakukan kombinasi pemberian bubur fortifikasi dan bubur buatan sendiri. Ini dilakukan agar anak mengenal lebih banyak rasa dan mendapatkan asupan gizi yang lengkap.

Itulah tadi 5 fakta penting tentang produk sereal bayi terfortifikasi. Produk ini bisa jadi pilihan menu makanan untuk si kecil asal diberikan sesuai takaran dan dilakukan kombinasi. Pastikan untuk memilih produk sereal yang tepat sesuai tahap usia dan selera rasa si kecil.