4 Cara Mengatasi Climate Change yang Mudah Dilakukan

4 Cara Mengatasi Climate Change yang Mudah Dilakukan

Bagaimana cara mengatasi climate change? Bumi dihuni oleh manusia dan matahari adalah sumber energi kehidupan. Oleh karena itu, manusia harus memanfaatkannya dengan bijak untuk dapat menjamin kelestarian lingkungan bagi keberadaan manusia.

Realitas yang muncul adalah sebagian dari kita telah menggunakan bumi dan isinya secara bebas dan tanpa batasan yang mengarah pada perubahan lingkungan yang mengakibatkan kerusakan global yang berkepanjangan, beberapa di antaranya sudah dirasakan melalui efek pemanasan global iklim dan berbagai dampak negatif lainnya.

Pemanasan global atau global warming adalah peningkatan suhu rata-rata udara di dekat permukaan bumi dan lautan yang telah terjadi sejak pertengahan abad ke-19 dan diperkirakan akan terus berlanjut. Efeknya tentu akan dirasakan oleh semua penghuni bumi jika tidak ada yang saling membantu menjaga lingkungan.

Cara Mencegah Climate Change

1. Kurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi

Cara pertama untuk menghentikan pemanasan global yaitu dengan mengurangi penggunaan kendaraan bermotor pribadi, yang berarti mengurangi emisi. Selain menghemat bensin, jalan kaki dan bersepeda adalah bentuk olahraga yang sehat.

Anda juga dapat menggunakan transportasi umum atau menggunakan transportasi bersama. Jika Anda harus mengemudi, pastikan mobil atau sepeda motor dalam kondisi baik. Misalnya, menjaga agar ban tetap terisi angin dapat meningkatkan jarak tempuh lebih dari 3%.

2. Beli Barang Hemat Energi

Cara mengatasi climate change selanjutnya adalah dengan membeli barang-barang hemat energi. Banyak peralatan rumah tangga kini hadir dengan berbagai model hemat energi. Misalnya, bohlam LED dirancang untuk memberikan lebih banyak cahaya alami, menggunakan lebih sedikit energi daripada bohlam standar. Hindari produk yang dikemas secara berlebihan, terutama kemasan plastik dan tidak dapat didaur ulang.

3. Menanam pohon

Tanam pohon sebanyak mungkin. Anda dapat menanam tanaman di kebun Anda atau menempatkan pot kecil di teras. Selama fotosintesis, tanaman dan tumbuhan lain menyerap karbon dioksida dan mengeluarkan oksigen.

Tumbuhan merupakan bagian integral dari siklus pertukaran atmosfer alami. Beberapa spesies tanaman juga dapat melawan peningkatan karbon dioksida yang disebabkan oleh lalu lintas mobil, manufaktur, dan aktivitas manusia lainnya.

4. Menerapkan Reduce, Reuse, Recycle

Reduce, Reuse, Recycle adalah langkah sederhana untuk mengurangi pemanasan global. Minimalkan penggunaan produk kemasan, terutama plastik. Langkah ini juga akan membantu mengurangi pemborosan.

Ayo Ikut Menjaga Kelestarian Lingkungan!

Bagikan informasi tentang daur ulang dan penghematan energi dengan teman, tetangga, dan kolega Anda. Berikan contoh yang baik untuk pelestarian lingkungan dengan kebiasaan yang Anda terapkan agar semua orang bisa membantu menjaga kelestarian lingkungan dan mencegah perubahan iklim.

Tentu selain masyarakat, perusahaan juga berperan penting dalam cara mengatasi climate change ini. salah satunya Nestle yang sadar akan pentingnya bumi juga berkomitmen mengurangi emisi yang menggunakan berbagai teknologi mutakhir guna menjaga lingkungan hidup seperti biogas, biomassa dari sekam padi, hingga WWTP.